HIDUP TENTRAM SESUAI PENGHASILAN

Dulu waktu sekolah kita belajar pribahasa yang akrab sekali ditelinga kita " besar pasak dari pada tiang ",pribahasa ini artinya pengeluaran lebih besar dari pada pendapatan. Kalau keadaan ini terjadi terus menerus akan mengakibatkan kita berada di zona yang tidak aman, alias terlilit utang.
Agar hal ini bisa dihindari, sebaiknya gaya hidup kita harus disesuaikan dengan penghasilan kita.

Bagaimana caranya ?
Menunggak bayar kredit rumah, kredit motor, kredit pakaian, kredit handphone, bayar bunga di pegadaian. Itu semua akibat tidak pintar mengatur uang.
Agar hidup kita menjadi tentram/adem ayem, lakukan hal-hal berikut ini.

ATUR ANGGARAN
Manfaat mengatur anggaran adalah untuk mengetahui keuangan kita, baik uang yang masuk maupun uang yang keluar.
Suami-istri harus selalu berdiskusi untuk mengatur anggaran dan menempatkan uang,  sesuaikan dengan kebutuhanya masing-masing, misalnya ; berapa buat rumah, kendaraan, sekolah anak,kredit motor dan lain-lain.Lakukan pengaturan uang di awal bulan, usahakan cukup sampai akhir bulan, kalau setelah dihitung kurang mencukupi, bikin penghematan, kurangi anggaran di beberapa pos, yang penting bagaimana caranya pengeluaran bulan tsb cukup.Kita teliti kembali pengeluaran-pengeluaran yang tidak penting, terus kita rampingkan. Kalau kita sudah merampingkan pengeluaran tapi masih juga kurang, maka satu-satunya jalan harus mencari penghasilan tambahan.

JANGAN IRI
Sifat iri memang sulit dihilangkan, tetapi setidaknya bisa dikurangi demi tentramnya kebutuhan kita, karena agamapun melarangnya.
Kalau melihat teman/tetangga beli barang baru seperti mobil, motor, tolong abaiakan. kalau bisa syukuri , kalau sifat iri itu di biarkan akan merusak diri kita sendiri.Mempunyai sifat iri itu adalah awal dari keborosan, ada uang atau tidak ada uang kalau tetangga punya barang baru maka kitapun harus punya barang itu, itulah perilaku iri. Mari kita bersyukur dengan apa yang kita miliki, bersikap qona'ah cara terbaik agar kita tentram.

BELAJAR SEDERHANA
Dalam hal membeli barang, baik makanan, pakaian ataupun kendaraan, sebaiknya sesuaikanlah dengan kemampuan kita, buang itu gengsi.Misalkan uang kita hanya cukup untuk beli tempe, kenapa harus beli ayam. karena dari hidup sederhana kitapun bisa bahagia. Kita bisa ambil contoh orang-orang hebat didunia, warran buffit saja hidupnya sangat sederhana, padahal dia salah satu orang terkaya didunia.

JAUHI UTANG
Meminjam uang baik itu lewat gadai ataupun utang kepada orang lain yang ada bunganya, yakinlah kalau itu akan membuat kita hancur dan terjerumus dalam lembah utang, sebaiknya dihindari, seperti yang sering dilakukan orang-orang misalnya menggadaikan BPKB kendaraan dengan bunga sekian. dan bukanya terbantu mendapatkan uang, kadang malah sebaliknya kita mengalami kesusahan untuk mengembalikanya.Kalau benar-benar tidak memerlukanya, jangan lakukan itu.
Ada lagi kartu kredit, kadang pihak Bank sendiri yang menawarkan lewat telepone. kita tinggal bilang "ya", maka jadilah kartunya.
kartu kredit itu kartu utang, kalau penghasilan kita pas-pasan sebaiknya jangan menggunakan kartu kredit.

Baca juga : 8 CARA PINTAR MENGATUR KEUANGAN

MENABUNG
Jika penghasilan kita lebih dari cukup,sisihkan uang kita untuk di tabung, menabung juga bisa untuk berjaga-jaga kalau ada keperluan darurat, sehingga kita tidak kesana-kemari untuk mencari pinjaman.
Usahakan setiap menerima penghasilan setiap bulanya, ada uang yang ditabung dan jadikan itu kebiasaan.

HIDUP TENTRAM SESUAI PENGHASILAN

INVESTASI
Selain menabung kita juga harus investasi untuk masa depan kita yang lebih baik.
Investasi itu banyak macamnya: Investasi emas, investasi saham,investasi reksadana, investasi propereti.
Kalau mau investasi yang bisa cepat dicairkan karena kebutuhan mendadak, sebaiknya dalam bentuk emas, karena bisa dijual kapan saja.
Investasi itu bisa membuat orang kaya, kalau konsisten melakukanya. Walaupun sedikit kalau dilakukan rutin lama-lama akan menjadi bukit.
Hati-hati juga kalau melakukan investasi , pelajari terlebih dahulu resikonya dan kelegalanya, jangan sampai kita terjebak kedalam investasi bodong yang sekarang lagi marak. Investasi legal adalah investasi yang sudah terdaftar di OJK/otoritas jasa keuangan.

Pintar mengatur uang, itu harus. jika hidup kita ingin tenang, bahagia, tidak pusing dengan utang, hiduplah sesuai dengan penghasilan .Silahkan anda praktekan semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "HIDUP TENTRAM SESUAI PENGHASILAN"

Post a Comment